Berikut Sejarah Dan Fungsi Barcode

post by admin on Aug 16th, 2018 under barcode aidc
Hampir disemua barang, entah itu makanan ataupun produk elektronik pasti terdapat barcode di dalamnya. Barcode terlihat sangat simple berupa garis dan juga bentuk lainnya seperti kotak, namun siapa sangka dalam barcode tersebut tersimpan data yang besar dari salah satu produk. Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel Jenis Barcode, kode batang dapat menyimpan seputar informasi produksi, tanggal produksi hingga harga barang. Sebetulnya barcode dapat mempermudah mengindentifikasi produk, ketika cara pencatatan manual sangat menyulitkan, akan terbantu dengan adanya barcode. Bagi kalian yang penasaran tentang sejarah barcode, sebetulnya barcode itu siapa yang menciptakan, lalu barcode sudah di rancang dari kapan, tenang, akan di bahas sebentar lagi.

Barcode pada awalnya dikembangkan dan dikendalikan oleh perusahaan retail, dan di ikuti oleh perusahaan lainnya yang bergerak di bidang industri. Teknologi atau sistem pemeriksaan barang ini di buat oleh Wallace Flint pada tahun 1932. Pada tahun 1948 pemilik toko makanan meminta perusahaan di phildelphia yaitu Drexel Institute Technology untuk membuat sistem pembaca otomatis informasi produk. Singkat kata Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver bergabung untuk mengembangkan sistem pembaca informasi tersebut. Akhirnya, pada 20 oktober 1949 Woodland dan Silver sukses membuat prototype sistem pembaca otomatis tersebut dan mendapatkan hak paten lalu barcode mulai di gunakan secara masal pada tahun 1970.

Jika sudah selesai membaca sejarah barcode yang bikin mumet, kita bisa beralih ke fungsi barcode:

Lebih cepat dan tepat.
Fungsi barcode yang pertama adalah jelas membuat proses pencatatan dan pencarian barang atau produk menjadi lebih mudah. Dengan adanya barcode dapat menghindari resiko human error yang bisa saja terjadi.

Mudah di gunakan.
Fungsi barcode lainnya adalah mudah digunakan, ketika ada produk yang memiliki dan di tempeli barcode akan dengan mudah di baca oleh barcode scanner. Kini sudah beragam merk barcode scanner, salah satunya adalah datalogic yang disediakan oleh distributor barcode scanner di Indonesia.

Mengetahui harga barang.
Lagi-lagi hanya dengan menggunakan barcoe scanner, simbiosis mutualisme antara barcode dan barcode scanner bekerja dan memberikan kemudahan dalam fungsi barcode. Harga barang akan otomatis dikethaui oleh kasir dan pembeli hanya dengan mengarahkan alat barcode scanner ke barcode yang ada di produk.

Sekarang kita sudah tahu bahwa sejarah adanya barcode begitu panjang dan dapat di rasakan manfaatnya pada saat ini. Barcode dapat bermanfaat di berbagai lapian bisnis, bisnis skala kecil hingga bisnis skala besar. Bagi Anda yang memiliki bisnis retail dan mencari barcode scanner dan juga barcode printer dapat dengan mudah menghubungi distributor barcode scanner disini. Masing-masing keunggulan produk akan di jabarkan sesuai dengan kebutuhan binis Anda.