Begini 5 Trik untuk Tentukan Ukuran Kartu Nama

post by admin on Oct 30th, 2018 under ukuran kartu nama kartu nama ketebalan kartu nama card name id card

Menentukan ukuran kartu nama mungkin nampak seperti hal yang mudah. Padahal, ada trik khusus yang wajib diikuti. Ini agar hasil kartu nama yang didapatkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Setidaknya, ada lima poin yang tak boleh Anda lewatkan. Apa sajakah itu? Mari simak bersama-sama di bawah ini.

Kiat Sebelum Memutuskan sebuah Ukuran Kartu Nama

1. Mengetahui Aneka Ukurannya

Pada dasarnya ukuran untuk kartu nama dibedakan ke dalam tiga macam dimensi. Dimensi pertama adalah kartu CR79 dengan ukuran 2.051 x 3.303 inci. Kedua adalah kartu CR80 dengan dimensi 2.125 x 3.375 inci. Dan yang terakhir adalah kartu CR100 dengan dimensi terluas yakni 2.63 x 3.88 inci. Ketiga dimensi ini berlaku untuk kartu nama dalam bentuk vertikal.
Yang paling umum dipakai adalah ukuran kartu CR80 karena merupakan standar yang dipakai dalam kartu kredit. Sedangkan kartu CR100 adalah ukuran yang biasanya dipakai untuk kartu militer. Pasalnya, dalam ukuran ini informasi yang ditampilkan akan nampak sangat jelas. Sayangnya, untuk ukuran kartu CR79 dan CR100 dibutuhkan alat pencetak ID card yang khusus. 

2. Menyesuaikan dengan Keperluan Kartu Nama

Ukuran kartu nama sudah dijelaskan di atas. Sekarang, waktunya Anda mencocokkan ukuran kartu dengan keperluan kartu Anda. Jika Anda ingin membuat kartu nama yang berkenaan dengan keperluan pendidikan atau perbankan, maka pilihlah ukuran CR80.
Bentuknya pun bisa dalam posisi vertikal atau horisontal. Terakhir, untuk keperluan kartu yang yang mengikutsertakan fitur barcode, Anda bisa memodifikasi ukurannya menjadi 2.313 x 3.25 inci. Ukuran ini dipilih agar fitur bisa berfungsi dengan baik ketika digunakan nantinya.

3. Memeriksa Ketebalan Kartu Nama

Selain sebelumnya sudah memastikan ukuran kartu nama yang hendak dipilih, Anda mesti memeriksa ketebalannya pula. Yang paling umum bisa mencapai ketebalan sebesar 0.03 inci. Ketebalan ini juga dikenal dengan ketebalan sebesar 30 mil. Ingin kartu yang lebih fleksibel? Maka Anda bisa menurunkan ketebalannya ke angka 20 sampai 24 mil.

4. Mengetahui Berbagai Bahan Kartu Nama

Bahan untuk kartu nama dulu kebanyakan adalah bahan kertas. Namun lambat laun, bahan tersebut diganti dengan bahan plastik PVC yang jauh lebih kuat. Kebanyakan bahan kartu nama yang banyak beredar kini terbuat dari bahan 100 persen PVC. Namun, jika Anda mendambakan kartu nama yang tahan terhadap suhu panas, silahkan kombinasikan bahan PVC tadi dengan bahan PET. Perbandingan komposisinya adalah 40 persen bahan PET dan 60 persen bahan PVC.

5. Mencocokkan Ukuran Kartu Nama dengan Fitur Khusus pada Kartu

Di jaman sekarang, pemakaian kartu nama sudah semakin canggih karena dapat dikombinasikan dengan fitur tertentu. Contohnya, dalam kartu nama kini sudah bisa dipasangi barcode hingga smart chip yang dapat dipergunakan sebagai akses keamanan dan menyimpan koleksi data. Jika kartu nama Anda menyertakan teknologi semacam ini, maka pastikan kartu Anda berjenis high coercivity.

Rampung sudah pembahasan mengenai trik memilih ukuran kartu nama yang tepat untuk kebutuhan Anda. Lantas, apakah Anda masih ingin tahu lebih banyak soal serba-serbi kartu nama? Jangan khawatir, Anda bisa pelajari semuanya lebih jauh di situs http://frans.id.

Mengapa situs http://frans.id? Situs ini dikelola oleh seorang ahli AIDC bernama Frans Hartono Arief. Di sana, terbit berbagai artikel dengan konten yang berisikan segala uraian dan ulasan mengenai dunia teknologi dan AIDC. Sebut saja informasi mengenai fungsi, kegunaan, hingga jenis-jenis barcode, mesin kasir, hingga RFID. Dan yang pasti, Anda akan menemukan juga seluk beluk mengenai kartu nama.