Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Contoh Label Produk

post by admin on Oct 23rd, 2018 under contoh label contoh label produk label produk fungsi label prosuk tujuan label produk menguji label produk Saat pergi ke pusat perbelanjaan Anda akan disuguhi beragam produk yang sangat bervariasi. Salah satu hal yang paling menarik perhatian adalah contoh label produk. Tidak hanya menjelaskan tentang suatu produk saja, namun label juga menjadi daya tarik visual yang sangat.mempengaruhi orang untuk membeli. Mari simak seperti apa tipsnya untuk membuat label produk yang baik dan menarik.

Kunci Penting dalam Membuat Label Produk

Memperhatikan Detail Informasi pada Label

Tidak jarang kita mendengar isu tentang komposisi berbahaya pada suatu produk. Misalnya seperti produk makanan kemasan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan. Atau produk kosmetik yang mengandung paraben yang berbahaya, padahal terbukti secara klinis bahwa paraben itu sangat aman.

Di sinilah pentingnya Anda sebagai produsen untuk lebih detail dalam pembuatan contoh label produk. Contohnya jika kita melihat komposisi paraben. Banyak orang yang masih mengira paraben berbahaya padahal tidak. Jadi, Anda mesti berhati-hati ketika mencantumkan informasi pada label produk, terutama tentang bahan atau komposisinya, agar tidak membuat orang menjauh dari produk Anda.

Mendengarkan Customer dengan Seksama

Inilah kunci penting dalam membuat contoh label produk. Anda perlu untuk memusatkan fokus terhadap konsumen. Jadi, Anda harus selalu up-to-date mengenai berita dan isu terbaru. Apabila customer menginginkan sesuatu yang sekiranya spesifik, maka berikanlah untuk mereka. Cantumkan item tersebut pada label produk Anda.
Seperti contohnya produk pembersih wajah untuk wanita. Kebanyakan orang menyukai pembersih yang tidak mengandung alkohol. Bila memang Anda memproduksi produk seperti demikian, maka cantumkanlah informasi tersebut pada labelnya, seperti misalnya “100% Bebas Alkohol.” Contoh label produk seperti inilah yang lebih menarik bagi customer.

Menguji Label Produk di Lapangan

Tujuan Melakukan Pengujian Label Produk

Pengujian label merupakan cara untuk ‘mendengarkan’ customer Anda. Seperti apa sebenarnya keinginan customer tersebut? Contohnya, Anda meluncurkan sebuah produk baru di pasaran dan ternyata banyak customer yang tertarik untuk membelinya. Dari sini Anda bisa membuat analisa tentang contoh label produk yang disukai oleh customer tersebut.

Perlu diingat juga bahwa label produk yang baik tidak hanya memuat informasi berupa tulisan saja. Anda pun perlu memperhatikan desainnya, sama halnya dengan packaging atau kemasan produk. Baik label maupun kemasan produk Anda harus memiliki visual yang mencerminkan daya tarik estetika. Artinya, begitu orang melihatnya maka mereka akan langsung tertarik dengan produk Anda.

Mengenal Batas Kemampuan Serta Daya Saing

Dengan menguji contoh label produk maka Anda bisa mengetahui daya saing bisnis Anda di lapangan. Yang perlu diingat adalah Anda tidak bisa menyenangkan setiap orang. Sebagus dan sesempurna apapun produk tersebut tetap saja akan ada orang yang tidak cocok dengannya. Hal ini sangat wajar dalam dunia bisnis.
Langkah yang patut Anda terapkan yakni tetap mengutamakan keunikan produk yang disukai oleh customer. Ketika membuat contoh label produk maka Anda dapat menyampaikan pesan dari brand Anda dengan gamblang. Beritahu customer tentang kelebihan yang Anda tawarkan dan mengapa produk Anda menjadi pilihan yang terbaik.

Mengganti Label dan Kemasan Produk Lama dengan yang Baru

Kalau label produk dan kemasannya sudah lama menggunakan desain yang sama, barangkali kini waktunya Anda menggantinya dengan yang baru. Tidak hanya desainnya saja namun Anda juga bisa mencantumkan informasi baru yang menarik pada label dan kemasan produk. Inovasi desain tersebut bisa membuat produk terlihat lebih menarik sehingga penjualannya lebih unggul di pasaran.