7 Alasan Kenapa Kartu Nama Sangat Penting untuk Pelaku Bisnis

post by admin on Oct 31st, 2018 under kartu nama pentingnya kartu nama apa pentingnya kartu nama mengapa penting kartu nama kartu nama perusahaan kartu nama untuk usaha

 Kartu nama adalah sebuah alat yang umumnya terbuat dari plastik atau kertas yang berguna sebagai penyampai informasi singkat. Informasi tersebut biasanya berupa informasi kontak, identitas bisnis, hingga identitas diri seseorang. Penggunaan kartu ini paling sering dijumpai dalam dunia bisnis. Terutama digunakan oleh para bos dan para atasan. Memangnya, sepenting apa sih kartu ini untuk para pelaku bisnis?

Fungsi Utama Kartu Nama dalam Dunia Bisnis

1. Membuat Bisnis Tampak Lebih Profesional

Guna memperlihatkan bahwa bisnis Anda memang bukan bisnis abal-abal, maka Anda bisa menujukannya lewat business card yang Anda buat. Pastikan juga ada unsur seperti nama, jabatan, lokasi, kontak, dan informasi bisnis dalam business card Anda ya.

2. Mempermudah Klien untuk Menghubungi Anda

Klien bisnis Anda bisa datang dari berbagai latar belakang dan rentang usia. Anda pun mesti hati-hati untuk tidak menyinggung perasaan klien yang berada pada usia lanjut. Sebab, umumnya mereka tak memiliki ponsel atau tak mahir dalam menggunakannya. Maka dari itu, memberikan kartu nama pada klien bisa menjadi cara yang paling universal untuk memperkenalkan diri dan bisnis Anda.

3. Lebih Personal

Berbeda dengan percakapan digital yang bisa dilakukan secara singkat, ketika Anda menyodorkan kartu nama bisnis, Anda pasti diharuskan untuk bercakap-cakap terlebih dahulu. Meski sedikit merepotkan, tapi ini adalah sebuah keunggulan dari memperkenalkan diri dan bisnis Anda lewat alat tersebut. Pasalnya, Anda pun dipaksa untuk berinteraksi dengan klien secara lebih personal.

4. Membantu Proses Networking

Ketimbang melakukan proses networking secara digital, networking yang dibangun lewat pertemuan tatap muka langsung akan bertahan lebih lama. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian dari Forbes insight research di mana 85 persen responden lebih memilih pertemuan bisnis secara fisik guna mendapatkan hubungan dan interaksi bisnis yang lebih kuat.
Ini sama saja dengan perbandingan ketika Anda memperkenalkan bisnis Anda lewat percakapan digital dengan menyodorkan business card secara langsung pada klien Anda. Sudah pasti klien akan lebih menghargai Anda dan bisnis Anda jika mendapatkan kartu langsung dari tangan Anda sendiri.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Siapa bilang kegiatan branding selalu disertai dengan cara yang rumit? Nyatanya, Anda bisa mempromosikan brand Anda lewat cara simpel seperti mencantumkannya pada business card Anda. Alhasil, ketika membuat sebuah business card, jangan hanya terpaku pada informasi diri Anda saja. Perkenalkan pula brand Anda dengan mencantumkan pada kartu namun tidak secara berlebihan.

6. Sebagai Kartu Identitas Bisnis

Bukan hanya sebagai kartu identitas untuk pelaku bisnis, kartu nama juga berpotensi menjadi kartu identitas untuk bisnis itu sendiri. Ketika klien atau rekan bisnis melihat kartu yang Anda sodorkan, maka pastikan bahwa kartu tersebut sudah memiliki elemen yang juga mempromosikan bisnis Anda. Anda pun bisa menyelipkan satu dua patah kalimat yang menjadi jargon atau pesan utama mengenai brand Anda.

7. Memperlihatkan Sisi Kreativitas Bisnis

Selain untuk menyampaikan brand, kartu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyampai sisi kepribadian bisnis Anda. Caranya adalah dengan memamerkannya lewat bentuk dan desain kartu. Kalau bisnis Anda bergerak pada target konsumen anak-anak, maka buatlah kartu dengan warna-warna cerah dan karakter yang lucu. Dengan begini, klien akan melihat keseriusan bisnis Anda.

Demikianlah uraian tentang berbagai fungsi utama kartu nama untuk kelancaran aktivitas bisnis Anda. Sebenarnya, masih banyak fungsi lain dari kartu ini yang tak kalah penting dan tak kalah berguna dalam bidang lain. Ingin tahu lebih lanjut? Temukan informasinya di situs http://frans.id.

Dikelola oleh seorang ahli AIDC, Frans Hartono Arief, http://frans.id menjanjikan beraneka informasi penting seputar teknologi. Tak hanya perkara kartu nama, akan dikupas habis pula konten yang berkenaan dengan teknologi AIDC lain seperti barcode hingga RFID. Biar semakin tahu, yuk segera kunjungi situs http://frans.id sekarang!