Rentetan Kegunaan Barcode Scanner yang Bermanfaat untuk Kehidupan

post by admin on Oct 31st, 2018 under barcode scanner barcode apa itu barcode scanner teknologi canggih

 Inovasi alat barcode scanner dari waktu ke waktu sudah semakin canggih. Buktinya, di pasaran sudah  banyak beredar alat pemindai kode bar portabel yang bisa dibawa ke mana-mana. Bahkan, Anda sudah bisa mengunduh bermacam aplikasi pemindai kode bar di Google Playstore atau Appstore secara gratis. Memangnya, sepenting apa sih kegunaan alat pemindai kode bar untuk kehidupan?

Kegunaan Barcode Scanner

1. Dalam Bidang Sains

Akhir-akhir ini, para ilmuwan mulai mengembangkan sistem untuk melacak kebiasaan hewan dalam melakukan proses kawin dan berkembang biak. Caranya adalah dengan memasang kode bar mini ke dalam atau ke atas tubuh hewan tersebut untuk mendapatkan data.
Data yang sudah didapat akan diolah di decoder lalu disalurkan ke dalam format komputer. Contoh hewan yang sudah diujicobakan dengan sistem lacak ini adalah hewan lebah.
Alasan kenapa lebah menjadi hewan yang dipilih adalah karena Ia mulai beranjak punah. Padahal, keberadaan lebah sangat penting bagi kelangsungan ekosistem. Nah, dengan memasang kode bar semacam ini, maka ilmuwan bisa meneliti cara untuk memperbanyak perkembangbiakan lebah demi menjaga kesehatan ekosistem.

2. Dalam Bidang Kesehatan

Di negara-negara maju, pada dasarnya sudah diberlakukan aturan bahwa bayi yang baru lahir wajib mengenakan gelang barcode. Barcode tersebut tentu saja menyimpan identitas kesehatan masing-masing bayi. Tak hanya bayi, para pasien di rumah sakit juga banyak yang memakai gelang ini. Hal ini tentu saja sangat memudahkan para ahli medis untuk memantau perkembangan kesehatan pasien.

3. Dalam Bidang Bisnis dan Industri

Pemakaian barcode dan barcode scanner di bidang bisnis dan industry sangat kentara di bagian transaksi dan pengiriman produk. Di bagian transaksi, Anda bisa menemukannya pada kasir toko hingga supermarket. Sedangkan di bagian pengiriman produk, Anda bisa melihat pemakaian barcode yang dominan di perusahaan pengiriman paket besar seperti Federal Express.

4. Dalam Bidang Militer

Di Amerika Serikat, penggunaan barcode dan barcode scanner bahkan sudah merambah ke dunia militer. Barcode disematkan pada jajaran kapal laut yang disimpan di area West Point. Ukuran barcode pun disesuaikan dengan besaran kapal. Hasilnya, Ia memiliki panjang hingga ukuran dua kaki atau setara dengan panjang 600 meter lebih. Wah, canggih banget ya? 

5. Dalam Bidang Teknologi

Mengikuti era digital, penggunaan barcode juga dimanfaatkan pada dunia teknologi yang serba cepat. Untuk memindahkan penggunaan aplikasi Whatsapp dari ponsel ke PC, Anda harus mencocokkan simbol barcode yang tertera di layar PC Anda.

Lalu, Anda juga memerlukan barcode untuk mengundang atau menambahkan teman dalam aplikasi tertentu. Pastinya, cara seperti ini memang dinilai lebih praktis dan tak membuang waktu lama.  
Kelebihan Memakai Barcode Scanner

Penggunaan barcode menyediakan sebuah mekanisme yang akurat, mudah, dan cepat dalam menyalurkan koleksi data ke sebuah sistem komputer. Ia pun memiliki cara kerja yang super efisien dan meminimalisir risiko terjadinya kesalahan dalam proses pemasukan data. Dalam dunia industri, pemberian label barcode juga memberikan identitas yang unik pada setiap produk.

Kelebihan selanjutnya dari pemakaian barcode scanner adalah mempersingkat waktu proses pemberian dan verifikasi data. Dibandingkan dengan membayar pekerja untuk melakukan hal ini, penggunaan alat tersebut dapat mengurangi biaya secara signifikan. Alhasil, produktivitas proses pemasukan data tetap tinggi meski tak memerlukan banyak biaya produksi.

Penasaran untuk tahu lebih banyak informasi tentang barcode scanner dan teknologi sejenis? Anda sambangi saja situs http://frans.id/ sekarang. Situs http://frans.id/ dikelola oleh Frans Hartono Arief yang merupakan seorang ahli di bidang AIDC. Anda pun akan mendapatkan banyak penjelasan dan informasi menarik perkara dunia teknologi dan AIDC. Tunggu apa lagi? Yuk segera kunjungi http://frans.id/!