Langkah Tepat Memilih Warna Background ID Card Terbaik

post by admin on Oct 25th, 2018 under background ID card desain id card cara membuat id card buat id card template id card id card id card kantor

Ketika melihat sebuah ID card, apa yang pertama kali menarik perhatian Anda? Tentu Anda memerhatikan background ID card tersebut. Yang dimaksud ialah tampilan desain serta warna yang menjadi latar belakang tulisan pada ID card. Itu sebabnya pemilihan warna untuk ID card perlu untuk diperhatikan.

Memilih Warna ID Card dengan Menerapkan Teori Warna

Memahami Dasar Teori Warna

Pada dasarnya, teori warna paling dibutuhkan oleh seorang desainer. Namun, tidak ada salahnya Anda sedikit mempelajarinya. Umumnya, desainer akan menerapkan teori warna dalam membuat desain background ID card. Sebagai contoh yang paling sederhana, Anda bisa memilih satu warna seperti hijau.

Kemudian, untuk varian warna lainnya pada ID card, desainer akan menggunakan warna-warna yang masih satu lini dengan hijau, seperti misalnya kuning dan cokelat. Dengan begini Anda bisa mempertimbangkan pilihan lini warna yang paling sesuai dengan karakteristik bisnis Anda.

Mengerti Psikologi Warna

Selain teori warna, desainer juga biasa menerapkan psikologi warna untuk memilih warna yang tepat agar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan melalui background ID card dan elemen visual lainnya. Hal tersebut karena psikologi warna memberikan dampak besar terhadap tema ID card Anda.
Secara sederhana, psikologi warna mendefinisikan karakteristik sebuah warna. Kuning menyampaikan optimisme dan kehangatan, oranye berarti kegembiraan dan kepercayaan diri, merah artinya muda dan berani, biru menggambarkan kekuatan dan keandalan, hijau mencerminkan kedamaian dan kesehatan, sementara abu-abu bernuansa netral dan tenang.

Mengaplikasikan Teori Warna pada Desain ID Card

Berdasarkan teori warna yang dikombinasikan dengan psikologi warna, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan warna background ID Card. Seperti misalnya, ID card seorang dokter anak bisa menggabungkan warna merah dan kuning. Sementara, untuk firma hukum lebih baik memakai warna biru atau abu-abu yang mencerminkan kekuatan.

Membuat Desain ID Card yang Tepat

Menyesuaikan dengan Warna Logo Brand

Pertama-tama, Anda perhatikan logo brand Anda. Langkah ini penting karena dengan begitu Anda bisa menentukan lini warna yang sekiranya akan cocok dengan warna logo tersebut. Tidak harus selalu satu lini, namun warna yang kontras juga bisa menyatu dengan pas jika pilihannya tepat. Contohnya, untuk logo yang bernuansa ungu, Anda bisa memilih background ID Card warna oranye untuk menciptakan kontras.

Penempatan Warna Secara Pas pada Kartu

Berikutnya, Anda bisa merencanakan komposisi warna ID card. Biasanya, ID card yang enak dilihat menggunakan warna hanya untuk logo dan teksnya. Sementara background-nya berwarna polos dan netral, seperti putih misalnya. Bisa juga Anda mengaplikasikan warna untuk background ID card di kedua sisinya atau bolak-balik. Jadi pada sisi belakang, terapkan warna yang sama dengan logo pada sisi depan.

Menentukan Jenis Kertas ID card

Bagi orang awam, jenis kertas ID card mungkin kurang diperhatikan. Padahal, jenis kertas tersebut tidak kalah penting dengan warna background ID card serta desain huruf dan grafisnya. Sebenarnya ID card dengan finishing yang tidak glossy atau mengkilap itu lebih baik. Sebabnya karena orang mudah membacanya dalam kondisi pencahayaan seperti apapun, ID card tersebut tidak menyilaukan.

Memilih Tema Warna untuk Huruf dan Grafisnya

Ketika memilih warna untuk huruf dan grafis ID card, maka yang penting adalah menciptakan kontras dengan komposisi tepat. Tujuannya supaya nama Anda beserta informasinya terlihat jelas untuk dibaca. Kuncinya yaitu dengan memadukan warna yang bertolak belakang. Contoh sederhananya, gunakan warna background putih untuk tulisan dan grafis ilustrasi yang bernuansa merah dan biru.

Itulah tadi sejumlah tips dalam memilih warna background ID card. Jika Anda ingin membuka usaha percetakan termasuk mencetak ID card, maka percayakan kepada Frans untuk alat cetaknya. Kami siap memberikan produk dengan kualitas terbaik. Hubungi kami untuk melakukan pemesanan.