3 Jenis Perangkat Kasir Supermarket untuk Bisnis Jual Beli Anda

post by admin on Oct 30th, 2018 under kasir supermarket mesin kasir mesin kasir supermarket mesin pembayaran Electronic Cash Register point of sales mobile point of sales

  Pemakaian kasir supermarket faktanya tak melulu dipergunakan di supermarket lho. Ini hanya sebagai julukan karena kasir tersebut kerap ditemui di berbagai macam supermarket. Mesin kasir ini pun tipenya ada lebih dari satu. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam membantu proses transaksi. Berikut pemaparannya khusus untuk Anda.

3 Tipe Mesin Kasir Supermarket yang Beredar di Pasaran

1. Electronic Cash Register (ECS)

Mesin kasir ini lebih familiar dikenal dengan sebutan mesin kasir manual. Ia akan mudah dijumpai di restoran dan toko-toko sederhana. Fitur yang ditawarkan pada mesin kasir ini adalah fitur-fitur basic dalam transaksi jual beli dalam skala kecil. Sebagai contoh, Ia mampu mencatat cash flow dan tentunya melakukan sistem perhitungan yang dibutuhkan.
Pengaturannya sangat mudah untuk disesuaikan dan harganya pun murah. Ada dua macam mesin kasir manual yang dapat Anda pilih. Yaitu mesin kasir dengan tenaga baterai atau mesin kasir bertenaga listrik. Tentu saja untuk yang bertenaga listrik, maka kekurangannya Anda harus menyambungkan mesin kasir dengan kabel. Sedangkan mesin kasir bertenaga baterai kekurangannya adalah boros tenaga.

2. Point of Sale (POS)

Kasir supermarket yang satu ini adalah gebrakan dalam dunia mesin kasir. Pasalnya, Ia merupakan mesin kasir yang mengombinasikan kerja seperangkat sistem komputer yaitu sistem operasi, sistem perangkat keras, dan sistem perangkat lunak. Ketiga sistem ini menghasilkan kinerja mesin kasir yang lebih cepat, lebih kompleks, dan lebih akurat.
Mesin kasir POS sangat cocok untuk keperluan transaksi bisnis yang mengedepankan transaksi bergaya modern. Fitur yang disediakan bahkan sudah mampu menyimpan record penjualan hingga level inventaris bisnis Anda. Hanya saja kekurangannya, mesin kasir ini harganya mahal. Sudah begitu, Ia juga masih membutuhkan biaya perawatan yang lumayan menguras kantong nantinya.

3. Mobile Point of Sale (MPOS)

Untuk alternatif yang lebih terjangkau, maka pilihlah mesin kasir ala MPOS. MPOS adalah inovasi mesin kasir yang digerakkan lewat perangkat mobile. Anda bisa menjajal teknologi cloud computing yang praktis dan aman ini di iPad. Anda pun hanya perlu membayarkan biaya jasa harian sebesar $2.50 per hari. Dan tentu saja, mesin kasir ini memerlukan jaringan internet agar bisa bekerja.
MPOS menjadi mesin kasir yang paling fleksibel. Ia dapat diakses kapan saja dan di mana saja dalam satu genggaman. Namun, Anda tak akan bisa menikmati bantuan mesin kasir ini jika Anda tak memiliki perangkat iPad di tangan Anda.

Kiat Memilih Mesin Kasir Supermarket yang Baik

1. Punya Garansi Resmi

Jangan mengambil risiko membeli mesin kasir yang tak memiliki garansi resmi. Ini sebagai antisipasi apabila mendadak terjadi kerusakan pada mesin kasir Anda. Garansi mesin kasir yang resmi bisa didapatkan lewat pembelian di toko atau distributor mesin kasir tepercaya. Apabila membeli mesin kasir secara online, maka pastikan toko tersebut mendapat banyak ulasan baik dari para pembeli.

2. Fitur Lengkap

Kasir supermarket yang ciamik tentunya memiliki segudang fitur yang komplit dan berguna. Apa pun bisnis yang Anda kelola, pastikan mesin kasir yang hendak dibeli punya fitur barcode scanning, pencatatan PPN, dan simpan stok. Tak ketinggalan, periksa apabila pada spesifikasi mesin kasir memenuhi untuk bisa mencantumkan nama barang.

3. Sesuaikan dengan Budget

Itulah penjabaran tiga jenis kasir supermarket dan tips memilihnya untuk memenuhi keperluan bisnis Anda. Semoga setelah membaca informasi di atas, Anda sudah tak kesusahan lagi dalam memilih mesin kasir berkualitas. Ingin menambah ilmu mengenai seluk beluk mesin kasir? Langsung saja kunjungi situs http://frans.id/ untuk aneka informasi dunia teknologi dan AIDC.